1. ARSITEKTUR KOMPUTER DAN ORGANISASI KOMPUTER

arsitektur komputer
Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.
Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer.
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
organisasi komputer
adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer.
contoh: sinyal kontrol, interface / antar muka, teknologi memori peripheral ( Perangkat keras / Hasdware adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer.
contoh: sinyal kontrol, interface / antar muka, teknologi memori peripheral ( Perangkat keras / Hasdware adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
2. STRUKTUR DAN FUNGSI SITEM KOMPUTER
A. fungsi dasar sitem komputer
a. data progres
komputer harus dapat memproses suatu data.reprentasi data disini bermacam-macam akan tetapi nantinya data harus di sesuaikan dengan mesin pemrosesnya dalam suatu data.
Komputer digunakan untuk pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output berupa suatu Informasi. Data yang diolah umumnya data berupa dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.
b. data storage
Komputer berfungsi untuk pengamanan dan pemakaian kembali data. komputer dapat melakukan fungsi penyimpanan dan pengambilan data. Misalnya ketika menggunakan Ms. Word kita dapat melakukan penyimpanan (save) data tersebut ke dalam hardisk dan juga dapat mengambil kembali data tersebut (open).
c. data transfer
Dalam interaksi dengan dunia luar sebagai fungsi pemindahan data diperlukan antar muka (interface) ,proses ini dilakukan oleh input/output (i/o) dan perangkatnya disebut pirephiral .saat interksi dengan perpindahan data yang jauh atau dengan remote device .komputer melakukan proses komunikasi data.
d. kontrol
Fungsi pengendalian data juga dilakukan oleh komputer ,baik pengendalian dalam komputer itu sendiri internal ataupun external yaitu pengendalian peralatan lain.
B. struktur sistem komputer
Sistem komputer terdiri atas suatu Sistem Operasi atau Operating System (OS) yang dapat memanfaatkan sumber daya hardware dari satu atau lebih processor unutk menyediakan sekumpulan pelayanan ke system user. Sistem operasi juga mengatur secondary memory dan peralatan input/output (I/O).
Komputer terdiri atas processor, memory dan komponen I/O, dimana komponen-komponen ini saling dihubungkan antara satu dengan yang lain, hubungan ini sering disebut juga dengan interkoneksi. Komponen-komponen ini lah yang membuat komputer dapat berjalan secara optimal dalam pengerjaannya.
Komputer terdiri atas processor, memory dan komponen I/O, dimana komponen-komponen ini saling dihubungkan antara satu dengan yang lain, hubungan ini sering disebut juga dengan interkoneksi. Komponen-komponen ini lah yang membuat komputer dapat berjalan secara optimal dalam pengerjaannya.
berikut skema struktur sisitem komputer.

a. CPU
1. control unit
Control Unit atau Unit Kendali merupakan salah satu Unit yang terdapat pada CPU bertugas untukmengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data.
a).squencing logic
squencing logic adalah control unit sistem komputer yang berfungsi sebagai pengatur kerja utama pada komputer.
b).control unit register dan decorder
register adalah sebagian kecil memori komputer yang di pakai untuk tempat penampungan data dengan ketentuan bahwa data yang terdapat pada register dapat di proses dalam berbagai operasi dengan melihat seberapa besar data yang dapat di tampung oleh register tersebut.
dekorder adalah alat yang digunakan untuk dapat mengembalikan proses encoding sehingga kita dapat melihat atau menerima informasi dari data aslinya .decorder bisa juga diartikan sebagai rangkaian logika yang ditugaskan untuk menerima input biner dan mengaktifkan salah satu outputnya sesuai dengan urutan biner tersebut.kebalikan dari decorder adalah encoder.
c).control memory
2. Arthemic logic
Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem di dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. ALU bekerja besama-sama memori, di mana hasil dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori.
3. register
Register merupakan perangkat memori sementara tang menyimpan data .register membantu CPU dalam melakukan intruksi .mereka dikelola oleh unit control ,register berfungsi untuk tempat penyimpanan data informasi dal lainya yang sering dibutukan ketika program berjalan ,register dimaksudkan untuk dapat diakses dengan sangat cepat.yang dimaksud register diantaranya adalah register uji dan interuksi register interuksi berisi interuksi CPU sedangkan register uji dimaksudkan untuk penyimpanan hasil kerja yang dilakukan oleh cpu.
4. CPU interconecctions
CPU Interconnections adalah sistem Koneksi dan bus yang menhubungkan komponen internal CPU,yaitu ALU,unit kontrol dan register register dan juga dengan bus bus eksternal CPU yang menhubungkan dengan sistem lainnya,seperti memori utama , piranti masukan/keluaran.
terdapat 4 langkah dari sebuah sistem komputer ,yaitu:
terdapat 4 langkah dari sebuah sistem komputer ,yaitu:
- Fetch,yaitu proses pengambilan data atau intruksi dari memori dengan menggunakan perangkat input.
- Decode,yaitu proses pembacaan sandi/kode dan menerjemahkan intruksi melalui kontrol input.
- Execute,yaitu proses eksekusi dengan menjalankag perintah
- Store,yaitu proses penyimpanan data dan menampilkan hasilnya pada peralatan output seperti monitor.
b. memori utama
Memori utama merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang.Memori utama digunakan sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O.
c. I/O
Sistem Input Dan Output Komputer atau sering juga disingkat dengan I/O adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya). Fungsi I/O pada dasarnya adalah mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi. Hal ini dikarenakan kode apliksi sangat fleksibel, dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crash
d.interconnection
Komponen ini merupakan struktur dan mekanisme yang disediakan atau berfungsi untuk komunikasi antar processor, main memory dan I/O module.
daftar pustaka :
http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html
https://wandiparlente.blogspot.com/2013/02/organisasi-komputer.html
https://struktur-dan-fungsi-komputer.blogspot.com/
https://salamadian.com/fungsi-komponen-pengertian-komputer/
https://jhonmemort.blogspot.com/2013/12/control-unit.html
https://adnanmahmudi.blogspot.com/2014/09/sequencing-logic-dan-register-decoder.html
https://yogiearieffadillah.wordpress.com/2013/12/30/pengertian-dan-cara-kerja-arithmatic-logical-unit-alu/
https://eryboy1304.blogspot.com/2012/10/pengertian-cpu-alu-cu-dan-register.html
https://gapra.wordpress.com/2008/11/05/pengertian-memori-utama/comment-page-1/
https://aryoadiprabowo.blogspot.com/2014/10/sistem-io-inputoutput.html
https://bierpinter.com/pengetahuan/sekilas-mengenai-sistem-komputer/
No comments:
Post a Comment